Panorama Alam Baktiraja

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN, Sumatera Utara

Destinasi wisata Baktiraja ini merupakan obyek wisata berupa panorama alam yang dapat disaksikan pada perjalanan menuju Kecamatan Baktiraja di Kabupaten Humbang Hasundutan, berupa objek wisata alam dengan pemandangan lembah Bakkara, pemandangan lembah Bakkara. Baktiraja adalah singkatan dari Bakkara Tipang Haroroan ni Raja adalah berupa bentangan lembah datarseluas ratusan hektare. 

Dari tepi teluk Bakkara ini terdapat rumah-rumah adat tua. balai-balai masing-masing kerajaan di Lumban Raja dan Onan Bale. Rumah-rumah kerajaan terdiri dari Rumah Bolon, Rumah Parsaktian, Sopo Bolon. Tari Sopo dan Sopo Godang. 

Lembah yang berjarak sekitar 8 kilometer dari Dolok Sanggul ibukota Humang Hasundutan itu terdiri dari beberapa desa dan dusun. Lembah ini dibelah oleh dua aliran sungai besar yang berair deras. Sungai yang terbesar adalah Aek Silang yang bersumber dari air terjun yang tercurah dari bentangan perbukitan. Sungai kedua yang lebih kecil bernama Aek Simangira. Keduanya mengaliri beberapa desa dan bermuara di Danau Toba. 

lklim di lembah Bakkara berhawa sejuk sepanjang hari. Banyak mata air bersumber dari kawasan ini. Mata air utama yang terbesar adalah Aek Sitio-tio. Lokasinya persis di tepian sungai.Tempat pemandian alam yang dulunya berupa telaga kecil itu bersumber dari mata air "abadi" yang dinaungi sebuah pohon besar sejenis hariara (sejenis beringin) yang airnya selalu jernih.Lokasi itu kini menjadi sumber air utama bagi warga sekitar untuk kebutuhan minum dan mandi.Selain itu, di Bakkara juga banyak ditemui air terjun. 

 

sumber: disbudpar.sumutprov.go.id, alamdanautoba.blogspot.com/Hendra Banban



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 2.3094, 98.8087
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam68
Wisata Buatan81
Wisata Budaya43
Taman Nasional4
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional