Istana dan Makam Sisingamangaraja XII

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN TOBA SAMOSIR, Sumatera Utara

Sisingamangaraja XII merupakan salah seorang pahlawan nasional dari Tanah Batak yang gigih berjuang melawan penjajahan kolonial Belanda. Sisingamangaraja XII adalah seorang seorang raja di negeriToba, Sumatera Utara. 

Makam Sisingamangaraja XII berada di dalam Komplek Taman Makam Pahlawan Sisingamangaraja, di jalan Soposurung, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir. Pada awalnya makam Sisingamangaraja XII berada di Kota Tarutung, kemudian Presiden Soekarno berinisiatif untuk memindahkan makam tersebut ke Balige, karena Balige adalah tempat pertama kali meletusnya perang antara pasukan Sisingamangaraja XII dengan pasukan Belanda. 

Komplek makam Sisingamangaraja XII cukup asri dan teduh dengan pepehonan rindang yang menaungi komplek makam ini. Pintu masuk areal makam ditandai dengan sebuah gapura dengan pondok kecil beratap ijuk dengan arsitektur rumah adat Batak. Di dalam komplek makam juga terdapat perpustakaan sekaligus museum Sisingamangaraja yang berisi berbagai biografi Sisingamangaraja XII. Gedung perpustakaan ini dibangun dengan arsitektur khas Batak Toba dan diberi ukiran gorga. 

 

sumber: disbudpar.sumutprov.go.id, backpacksejarah.com



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 2.3308, 99.0494
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam72
Wisata Buatan67
Wisata Budaya31
Taman Nasional4
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional