Desa Tongging

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN KARO, Sumatera Utara

Banyak lokasi atau spot terbaik untuk menikmati keindahan  Danau Toba, salah satunya adalah Tongging atau Desa Tongging. Desa ini terletak di Kecamatan Merek Kabupaten Karo. Tongging menyimpan keunikan dan keindahan alam yang berbeda dari  tempat lain di sekitar Danau Toba. Lokasinya yang berada di atas bukit, yaitu sekitar 900 meter di atas permukaan laut, membuat  indahnya pemandangan Danau Toba terlihat dengan jelas dan tampak sempurna. 

Selain keindahan pemandangan alamnya, terdapat juga  peninggalan sejarah Raja-raja Silalahi, Desa Tongging ini tidak terlalu jauh dari Medan yang dapat ditempuh selama ± 3 jam dengan kendaraan bermotor melalui Berastagi. Desa Tongging ini berjarak sekitar 42 km dari Kota Berastagi dan sekitar 102 km dari Kata Medan. Sebelum sampai ke Desa Tongging, wisatawan akan disambut dengan keindahan Air Terjun Sipiso-piso yang berada pada ketinggian 800 mdpl dan dikelilingi oleh hutan pinus. Tinggi air terjun ini sendiri sekitar 120 meter sehingga merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. 

Fasilitas pelayanan wisata di Desa Tongging dan Air Terjun Sipiso-piso sudah cukup memadai, seperti penginapan, lahan parkir, restoran atau warung makan serta akses jalan yang baik. 

 

sumber: disbudpar.sumutprov.go.id, gifarigraphy.blogspot.com



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 2.9101, 98.5227
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam95
Wisata Buatan84
Wisata Budaya51
Taman Nasional5
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional