Arung Jeram Sungai Buaya

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN DELI SERDANG, Sumatera Utara

Sungai Buaya yang berada di Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang. Sungai Buaya merupakan salah satu sungai di Sumatera Utara yang layak untuk diperhitungkan sebagai salah satu tujuan wisata arung jeram. Karakteristik sungai yang tidak terlalu le bar, dengan air yang mengalir jernih diantara bebatuan yang terkadang melintasi celah tebing batu di kiri kanan sungai dengan pemandangan relief-relief unik yang terukir secara alami oleh gerusan aliran air. 

Dengan tingkat kesulitan jeram berkisar pada kelas 2 -3 serta debit sungai yang cenderung stabil sungai ini relatif aman untuk diarungi. Mengarungi sungai ini akan dihadapkan pada tantangan jeram-jeram yang bervariasi dan dapat memacu adrenalin. 

Untuk mencapai sungai ini dapat ditempuh selama ± 2 jam dari Kota Medan melintasi Kota Lubuk Pakam ke arah Bangun Purba. Setelah sampai di lokasi, pengunjung/peserta arung jeram akan berkumpul terlebih dahulu di Pantai Salju untuk mendapatkan pengarahan dari operator rafting dan memakai perlengkapan keselamatan. Rute yang biasa diarungi adalah sejauh 7 km dengan titik start-dari Desa Pogar Manik dan berakhir di Desa Beganding. 

 

sumber: disbudpar.sumutprov.go.id, exploresumatra.blogspot.com



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 3.3558, 98.8238
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam68
Wisata Buatan81
Wisata Budaya43
Taman Nasional4
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional