Desa Budaya Lingga

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN KARO, Sumatera Utara

Desa Lingga atau dikenal dengan Desa Budaya Lingga merupakan objekwisata budaya diTanah Karo yang hingga kini masih terjaga berupa peninggalan-peninggalan Suku Karo seperti Rumah Adat Karo, jambur (tempat berkumpul, musyawarah dan pesto), geriten (tugu pemakaman), kantur-kantur (kantor raja), lesung (tempat menumbuk padi), sapo page (tempat menyimpan padi) hingga Museum Karo. 

Dulunya Desa Lingga terbagi dalam beberapa sub-desa/bagian yang disebut dengan "kesain". Kesain merupakan pembagian wilayah desa yang namanya disesuaikan dengan marga yang menempati. Kini Desa Lingga telah terbagi dua yaitu Desa Lingga Lama dan Desa Lingga Boru. Desa Lingga Lama atau dikenal dengan Desa Budaya Lingga merupakan wilayah desa yang awal, sedangkan Desa Lingga Boru merupakan desa bentukan pemerintah untuk merelokasi penduduk sehingga perkampungan lebih tertata. 

Rumah adat Karo berbentuk rumah panggung dengan tinggi sekitar 2 meter, ditopang oleh tiang yang umumnya berjumlah 16 buah dengan ciri dan bentuk yang sangat khusus. Didalamnya terdapat ruangan yang besar dan tidak mempunyai penyekat ataupun ruangan sebagai kamar. Satu rumah adat dihuni oleh 8 atau 10 keluarga yang masih berkerabat. Kolong rumah adat dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan kayu dan kandang ternak. Rumah adat karo memiliki dua pintu, pintu satu menghadap ke barat dan satunya lagi menghadap ke sebelah timur. Di depan masing-masing pintu terdapat "ture" (serambi/beranda) , terbuat dari bambu-bambu bulat yang berfungsi sebagai tempat bertenun. 
menganyam tikar dan pada malam hari berfungsi sebagai tempat naki-naki atau tempat perkenalan para pemuda dan pemudi. Atop rumah adat karo dibuat dari ijuk dan kedua ujung atapnya terdapat ayo-ayo berupa anyaman bamboo berbentuk segitiga. Di puncak ayo-ayo terdapat tanduk dan kepala kerbau dengan posisi menunduk ke bawah.Kepala dan tanduk kerbau ini dipercaya sebagai penolak bola.

 

sumber: disbudpar.sumutprov.go.id, pariwisata.karokab.go.id



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 3.1187, 98.4697
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam98
Wisata Buatan86
Wisata Budaya52
Taman Nasional6
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional