Aras Napal

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN LANGKAT, Sumatera Utara

Aras Napal berada di Desa Bukit Mas, Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat. Daerah ini berada di buffer zone Taman Nasional Gunung Leuser yang termasuk ke dalam Kawasan Ekosistem Leuser. Dari Medan berjarak lebih kurang 115 km, melalui kota Stabat - Pangkalan Susu dan berbelok ke arah kiri di Simpang Lima. Dari sini perjalanan masih harus dilanjutkan melintasi jalan perkebunan yang sebagian besar masih belum beraspal hingga sampai di Pantai Buaya.

Dari "tekong" nama tempat di ujung jalan di tepi sungai, perjalanan dilanjutkan menyusuri Sungai Besitang dengan menumpang perahu bermotor ke arah hulu dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Selain dari arah sungai, Aras Napa I juga dapat dijangkau melalui jalan darat, namun karena kondisi jalan yang sangat buruk membuat jalur ini jarang menjadi pilihan menuju Aras Napal.

Pada tahun 2015,lembaga konservasi Unit Manajemen Leuser pernah menempatkan Unit Patroli Gajah di kawasan Aras Napal ini, yang berada di dalam Areal 242 Aras Napal Sikundur dengan luas kawasan mencapai 242 hektar.

Sebagai kawasan hutan dataran rendah, kawasan ini memiliki keanekaragaman flora dan fauna khas hutan tropis Sumatera. Kawasan ini juga dikenal sebagai habitat Gajah Sumatera. Selain kekayaan jenis pohon, di kawasan ini juga terdapat berbagai jenis tumbuhan hutan tropis yang khas dan unik seperti berbagai habitat Gajah Sumatera. Selain kekayaan jenis pohon, di kawasan ini juga terdapat berbagai jenis tumbuhan hutan tropis yang khas dan unik seperti berbagai jenis anggrek hutan termasuk jenis kantong semar (Nepenthes sp) berbagai jenis rotan dan "Daun Sang" (Johannesteijsmonnio oltifons) yang merupakan tumbuhan langka endemik Sumatera.

Fasilitas wisata belum tersedia disini sesuai dengan kebutuhan kunjungan. Wisatawan yang datang biasanya menginap di Pondok Petugas Patroli Hutan maupun dengan berkemah di lapangan yang terdapat di fasilitas Unit Patroli Gajah yang soot ini telah tidak berfungsi lagi.


sumber: disbudpar.sumutprov.go.id, nonikhairani.files.wordpress.com



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 3.8632, 98.3029
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam68
Wisata Buatan81
Wisata Budaya43
Taman Nasional4
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional