Pulau Kampai

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN LANGKAT, Sumatera Utara

Pulau Kampai merupakan sebuah desa wisata yang berada di Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat. Pulo Kampai atau Pulau Kampai dikenal sebagai daerah penghasil terasi, yaitu suatu panganan yang diolah dari ikan dan udang. Pengunjung dapat langsung menyaksikan proses pembuatannya oleh masyarakat setempat. Bagi yang berminat dapat membelinya untuk
dijadikan oleh-oleh khas pulau Kampai.

Di sini terdapat Pantai Berawe hamparan pantai berpasir putih yang masih alami. Selain itu di disini juga terdapat situs bersejarah berupa makam Keramat Panjang serta Makam Sang Pendekar Biola atau Kuburan Mas Merah. Masyarakat setempat meyakini bahwa Makam Mas Merah ini merupakan makam seorang laki-laki bernama Salam yang berasal dari Sarawak Malaysia dan lahir sekitar tahun 1890-an. Salam inilah yang dijuluki sebagai Pendekar Biola karena kemahirannya memainkan biola.

Pulau Kampai ini dapat dijangkau dengan jalur darat dari Medan menuju Pangkalan Susu dengan waktu tempuh sekitar 4 jam dan dilanjutkan melewati jalur air menggunakan transportasi air (speedboat atau perahu bermesin) langsung menuju Pulau Kampai. 


sumber: disbudpar.sumutprov.go.id, anakbangsa-ku.blogspot.com



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 4.2203, 98.2322
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam96
Wisata Buatan76
Wisata Budaya48
Taman Nasional6
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional