Istana Niat Lima Laras

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN BATU BARA, Sumatera Utara

lstana Niat Lima Laras berada di Desa Lima Laras Kecamatan Tanjung Tiram. Istana ini berusia lebih dari l00 tahun dan merupakan sebuah situs peninggalan sejarah masyarakat Melayu pesisir. Untuk menuju ke istana ini dapat ditempuh selama ± 4-5 jam atau berjarak sekitar 136 km dari Kota Medan.

Istana Niat Lima Laras dibangun pada tahun 1907 dan selesai tahun 1912. Pembagunannya dikerjakan dengan mendatangkan tenaga ahli dari Cina dan proses pembangunannya langsung dipimpin oleh Muhammad Yoeda, beliau merupakan Raja Kerajaan Lima Laras ke XII yang memimpin kerajaan dari tahun 1883 hingga 1919. Istana terdiri dari 4 lantai.lantai pertama terbuat dari beton yang merupakan balai atau ruang tempat bermusyawarah; lantai kedua, ketiga dan keempat terdapat sejumlah kamar berukuran 6x5 meter. Kamar-kamar ini biasanya digunakan untuk para tamu kerajaan. Kemegahan istana ini juga terlihat dari banyaknya pintu dan jendela dimana istana ini memiliki 28 pintu dan 66 pasang daunjendela.

Penamaan lstana Niat dikarenakan pembangunan istana ini berdasarkan niat Muhammad Yoeda untuk mendirikan sebuah istana pada masa kepemerintahannya, sedangkan Lima Laras merupakan nama desa dimana istana ini berada.

 

sumber: disbudpar.sumutprov.go.id, http://istananiatlimalaras.blogspot.com/



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 3.2041, 99.6015
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam71
Wisata Buatan90
Wisata Budaya48
Taman Nasional4
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional