Pasar Ikan Lama

Kawasan Danau Toba

KOTA MEDAN, Sumatera Utara

Pasar Ikan Lama, atau orang Medan menyebutnya Pajak Ikan Lama. Terletak di jantung Kota Medan, tepatnya berada di selatan Lapangan Merdeka. Masih di kawasan Kesawan, yang merupakan pusat perniagaan utama pada masa kejayaan Kesultanan Deli.

Awalnya, tempat ini memang merupakan pasar penjualan ikan, sayur dan daging. Untuk ikan didatangkan dari Belawan dengan kapal tongkang melalui Sungai Deli.

Pajak Ikan Lama dibuka sekitar tahun 1890 oleh pengusahan Deli, Tjong A Fie. Seiring dengan perkembangan zaman, menyusul putusnya akses transportasi dari Belawan ke Medan melalui Sungai Deli yang sudah tidak dapat dilayari lagi, Pasar Ikan Lama akhirnya berubah fungsi menjadi pusat perdagangan tekstil dan pakaian murah.

Pasar ini kemudian berkembang sebagai pusat penjualan kain dan cenderamata dengan harga yang relatif murah. Pasar ini menjadi sangat populer tidak hanya oleh warga Medan, tetapi juga menarik minat para pembeli dan pelancong yang datang dari Aceh, Riau, Padang, bahkan dari Malaysia. Pajak Ikon Lama sekaligus telah menjadi daya tarik wisata bagi turis mancanegara.

 

sumber: disbudpar.sumutprov.go.id, medantourism.com



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 3.5863, 98.6808
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam98
Wisata Buatan88
Wisata Budaya49
Taman Nasional4
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional