Pulau Kapota

Kawasan Wakatobi

KABUPATEN WAKATOBI, Sulawesi Tenggara

Ada tujuan liburan yang direkomendasikan di provinsi Sulawesi Tenggara. Tujuannya  adalah Pulau Kamode. Banyak juga orang menyebutnya sebagai Pulau Kapota. Nama itu berubah sejak masa pemerintahan Kesultanan Dayanu. Pulau ini adalah lokasi yang bagus untuk bersantai. 

Pulau ini terletak di dekat Wakatobi. Ada banyak objek wisata alam di pulau Kapota. Mulai dari pantai, danau, hutan mangrove hingga gua yang dihuni banyak kelelawar. Untuk pantainya rata-rata masih perawan, tidak terlalu padat turis, berpasir putih dan airnya jernih. Pantai di Kapota ini antara lain Aowolio, Kolowowa dan Umala.

Ada Gua Kapota, penduduk setempat juga menyebutnya Gua Dewata. Terletak di bagian selatan pulau. Lokasinya sekitar 1 km dari dermaga. Begitu anda masuk ke dalam gua, anda akan menemukan danau yang indah. Selain dari danau, anda juga bisa melihat stalagmit dan stalaktit. Berikutnya adalah pohon kelapa yang bercabang. Pohon kelapa yang satu ini berbeda dengan pohon kelapa lain. Dulu, pohon kelapa memiliki sekitar 7 cabang. Saat ini, hanya tersisa 4 cabang..Pohon kelapa ini terletak sekitar 400 meter dari Gua Dewata. Dengan demikian, Anda bisa mencapainya dengan mudah. 

Selanjutnya pantai Aowolio, pantai yang menakjubkan ini memiliki pasir yang bersih dan lembut. Belum lagi garis pantai yang panjang. Fitur yang paling menarik dari pantai adalah sebuah batu karang unik berdiri tegak ditengah-tengah pasir putih menyerupai sebuah pohon. Obyek ini dikenal masyarakat dengan Watu Sahu’u (Watu: batu; Sahu’u: satu pohon).

 

sumber: TEMPO, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wakatobi



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Tenggara


Koordinat: -5.3520, 123.4747
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam31
Wisata Buatan13
Wisata Budaya11
Taman Nasional4
  • Share Via