Tanjung Kelayang

Kawasan Bangka Belitung

KABUPATEN BANGKA, Kepulauan Bangka Belitung

Pantai Tanjung Kelayang merupakan pantai dimana kapal-kapal ditambatkan menunggu datangnya wisatawan untuk menyeberang kepulau lain. Saat pertama kali menapakkan kaki di sini, bersiaplah dibuat terpukau dengan lansekap Pantai Tanjung Kelayang. Nama Kelayang sendiri adalah nama salah satu jenis burung di Pulau Belitung. Pantai Tanjung Kelayang merupakan bagian dari kawasan ini.

 

Nah mau puas menikmati alam khas Belitung maka Tanjung Kelayang tempat paling pas untuk dikunjungi. Kawasan pantai hampir empat kilometer itu cocok bersantai sambil selonjor-selonjor di bawahpohon kelapa. Belum afdol jika tidak berbasahan dengan air laut. Apalagi selain pantai berpasir putih, laut di Tanjung Kelayang juga menyugungkan kejernihan dan tenang, sama sekali tidak berbahaya direnangi.

 

Tidak perlu macam-macam bila di Tanjung Kelayang, apalagi membawa anak-anak. Bermain pasir sampai puas tanpa kawatir ombak besar sambil menikmati pemandangan batu granit yang sudah disuguhkan alam bakal membuat Anda betah berlama-lama.

 

Bergeser sekitar dua kilometer dari gapura selamat datang, tepatnya di pantai Lor In kita kembali dimanja hamparan pasir pantai yang lebih luas dengan batu granit di dekat bibir pantai. Uniknya bila pagi hari ketika air laut surut , pantai terlihat semakin luas. Salah satu khas pantai di Tanjung Kelayang adalah air laut bisa surut sangan jauh dari pantai.  Jadi bila pagi hari di Pantai Lor In maka pemandangan takjub dihadapan kita. Batu-batu granit seperti bermunculan di bibir pantai. Indah Bukan.

 

Cara Menuju Belitung

Jalur Udara
Pelancong yang hendak ke pulau Belitung biasanya menggunakan sarana pesawat yang mendarat di Bandara H.A.S. Hanandjoeddin di Tanjung Pandan. Maskapai yang melalui rute pulau Balitung saat inisudah beragam dari Sriwijaya, Batavia, Lion, Cittilink, Batik Air sampai Garuda sudah tersedia.

 

Jalur Darat
Belitung sangat sulit menemukan kendaraan umum, jadi disarankan kita menggunakan jasa travel atau menyewa kendaraan roda empat sejak dari bandara. Jadi mobil rental atau menggunakan jasa travel menjadi pilihan utama selama melancong ke pulau Belitung.

 

Jalur Laut
Bisa dilakukan melalui Pelabuhan Boom Baru Kota Palembang. Sarana ini biasanya digunakan pelancong dari kota Lampung dan sekitar Jambi. Tersedia KM Bahari Ekspres dari Pelabuhan Pangkalanbalam diPangkalpinang langsung menuju Pelabuhan Tanjung Pandan, Belitung. Namun pelancong harus tepat waktu karena perjalanan hanya satu kali dalam satu hari. Dari Jakarta, kapal PT Pelni menuju Belitung.

 

TIPS

* Agar nyaman mengunjungi kawasan wisata dengan ciri khas pantai dan pulau ini, lebih baik menyewa kendaraan roda empat. Kendaraan umum sangat terbatas dan tidak bisa menjangkau semua daerah. Jadi untuk menghemat waktu, menyewa kendaraan roda empat sangat diperlukan di kawasan Belitung.
* Ciri khas kawasan Tanjung Kelayang adalah sebaran pulau yang layak dikunjungi. Mengikuti paket yang ditawarkan jasa travel lebih baik karena semua akomodasi terjamin dan leluasa untuk menjelajahi semua destinasi. Tarif jasa travel pun cukup bersahabat untuk pengunjung Belitung.
* Layaknya wisata pantai dan pulau, maka terik matahari tidak dapat dihindari. Lindungi kulit dengan pelembab atau gunakan pakaian yang menutupi tangan dan kaki menjadi pilihan agar kulit tidak terbakar.
* Jangan takut bila hujan tiba-tiba turun di kawasan Tanjung Kelayang. Karena laut yang tenang di Kabupaten Belitung ini tetap bisa dinikmati meskipun sedang turun hujan.

 



Destinasi lain di Kawasan Kepulauan Bangka Belitung


Koordinat: -2.5595, 107.6707
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam26
Wisata Buatan16
Wisata Budaya9
Taman Nasional0
  • Share Via