AIR TERJUN WAY LALAAN

Kawasan LAMPUNG

KABUPATEN TANGGAMUS, Lampung

Air Terjun Way Lalaan terletak di kaki Gunung Tanggamus dan merupakan air terjun bertingkat dengan jarak satu sama lainnya lebih kurang 200 m.  Air terjun ini  berasal dari aliran Way (yang artinya sungai dalam bahasa Lampung) Lalaan yang bermuara ke Teluk Semangka.  Tumpahan air terjun memiliki ketinggian ±0 11 m.

Air terjun ini telah di kenal sejak Tahun 1937 yaitu pada zaman pemerintahan kolonial Belanda yang telah membuat tangga semen menuju lembah air terjun.

Lokasi

Terletak di Desa Pekon Kampungbaru, Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus, Propinsi Lampung. Peta dan Koordinat GPS: 5° 29′ 6.86″ S  104° 41′ 24.90″ E

Aksesbilitas

Berjarak hanya 8 Km dari Kotaagung, ibukota Pemerintahan Kabupaten Tanggamus atau 80 Km (1,5 jam) dari Kota Bandar Lampung. Untuk mencapai air terjun ini dapat ditempuh sekitar 15 menit dengan berkendaraan pada kecepatan sedang dari Batu Keramat ke Pekon Way Lalaan. Selanjutnya masuk ± 300 m dari sisi kiri jalan raya lintas Barat Sumatera (Jalinbarsum) Bandar Lampung ke Kota Agung hingga pintu gerbang.  Dari pintu gerbang dilanjutkan dengan berjalan menuruni anak tangga menurun sepanjang 75m.

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas yang tersedia yaitu shelter, mushola, kamar ganti pakaian dan pelataran parkir yang cukup luas.



Destinasi lain di Kawasan Lampung


Koordinat: -5.4855, 104.6901
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam35
Wisata Buatan1
Wisata Budaya0
Taman Nasional2
  • Share Via