Pulau Empat

Kawasan Maluku

KABUPATEN PULAU TALIABU, Maluku Utara

Pulau Empat menyimpan keindahan bawah laut, topografi perairan yang curam membuat daerah ini sangat menghibur mata para penyelam yang melakukan kegiatan diving. Dinamakan Pulau Empat karena terdapat empat pulau kecil yang letaknya saling berdekatan. Pulau Empat sangat berdekatan dengan Pulau Seho yang berada di Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara.

Pulau Empat memiliki salah satu keunggulan biota laut yang jarang ditemui oleh para penyelam yakni jenis ikan pipe fish yang bentuknya berbeda dengan pipe fish lainnya. Pada kedalaman 4 sampai 7 meter kita bisa menjumpai kontur perairan yang menyerupai atap pada bagian atasnya dan seperti membentuk suatu goa dengan ukuran besar dan panjang yang hampir mengelilingi pulau ini. Selain itu, jenis ikan-ikan yang berukuran besar dan bergerombol bisa kita jumpai di daerah ini. 

Daerah ini memiliki topografi perairan yang curam atau biasa dikatakan daerah penyelaman yang berbentuk dinding (wall). Topografi perairan yang memiliki karakteristik seperti ini tentunya banyak diminati oleh penyelam. Selain itu, Anda juga dapat menemukan karang lunak yang bergerombol dan dengan variasi warna yang menarik. Sungguh menjadi pengalaman tak terlupakan diving di area ini. Lokasi diving berada di S 1°58′12.3″ E 124°18′35.0″, kisaran suhu di perairan ini berkisar 26 hingga 28 derajat Celcius dengan kejernihan air mencapai 30 meter dan memiliki kecepatan arus 1 sampai 4 knot.

Pulau Empat dapat dicapai dengan menggunakan kapal kecil sekitar 30 menit perjalanan dari pelabuhan Bobong, Ibukota Pulau Taliabu.



Destinasi lain di Kawasan Maluku Utara


Koordinat: -1.8268, 124.7741
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam144
Wisata Buatan12
Wisata Budaya38
Taman Nasional4
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional