Taman Bambu Runcing

Kawasan ACEH

KOTA LANGSA, Aceh

Kota yang juga memiliki sejarah panjang dalam masa penjajahan Belanda ini memiliki tempat wisata sejarah, seperti Taman Bambu Runcing. Taman Bambu Runcing ini merupakan ruang terbuka hijau yang kini seolah menjadi ikon Kota Langsa. Didalamnya terdapat sebuah tugu bambu runcing, yang dulu merupakan senjata andalan masyarakat Indonesia untuk mengusir Belanda. Kini, taman ini menjadi objek wisata favorit bagi muda mudi untuk bersantai sore, dan menikmati keindahan Kota Langsa.
Secara geografis, Taman Bambu Runcing terletak di Jalan Jendral Ahmad Yani, Langsa Kota, Kota Langsa, Aceh. Lokasinya yang sangat strategis, dan bersebalahan dengan Lapangan Merdeka Langsa membuat wisatawan sangat mudah untuk menemukan objek wisata ini. Berada di jantung Kota Langsa, terdapat berbagai transportasi umum yang bisa dipilih.Taman Bambu Runcing ini dibangun oleh pemerintah pada tanggal 17 Agustus 1948 untuk mengenang perjuangan rakyat Aceh dalam melawanan kolonialisme Belanda. Didalam taman ini juga ditanami berbagai macam pohon, yang berfungsi sebagai paru-paru Kota Langsa. Didalam taman, wisatawan juga bisa menemukan plakat, serta relief di dinding yang menceritakan perjuangan rakyat dalam meraih kemerdekaan.

Wisatawan bisa memasuki Taman Bambu Runcing ini dengan melewati dua pintu gerbang yang ada disebelah kanan dan kiri taman. Untuk memasukinya pun, wisatawan tidak dikenakan biaya masuk karena ini memang dibangun pemerintah setempat sebagai ruang terbuka hijau di Kota Langsa. Saat memasuki taman, suasana asri dan nyaman akan langsung terasa.

Terdapat jalan setapak yang telah dipaving untuk kenyamanan para pengunjung, berbagai tanaman, pohon dan bunga juga seolah menghiasi keindahan taman ini. Sebuah tugu bambu runcing, yang dicat kuning serta diujungnya berwarna merah putih yang melambangkan bendera Indonesia berdiri dengan megahnya di tengah taman.

Dinding besar berwarna merah kecoklatan, terdapat di sebuah sisi taman. Dinding ini merupakan relief yang menggambarkan perjuangan Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Lambang Pancasila juga nampak jelas, bisa dilihat oleh para wisatawan. Sebuah plakat, tak jauh dari tugu bambu runcing menuliskan tahun pembangunan dari taman ini.

Didalam Taman Bambu Runcing ini juga terdapat air mancur, namun sayangnya air mancur ini tak beroperasi dan dipenuhi banyak sampah dikolamnya. Sangat disayangkan, padahal jika masih berfungsi air terjun ini akan semakin menambah keindahan taman. Selain itu lampu-lampu taman juga banyak yang hilang entah kemana, hal-hal ini tentunya merusak keindahan taman.

Taman Bambu Runcing ini menjadi tempat yang asyik untuk bersantai sore serta bercengkrama dengan teman atau sanak keluarga. Ketika sore tiba, wisatawan akan memadati taman yang didominasi oleh muda-mudi. Kebanyakan, wisatawan yang datang hanya sekedar untuk melepas penat usai lelah menjalankan akvitias sehari-hari.

Disekitar taman, juga banyak sekali ditemukan pedagang-pedagang yang menjual berbagai macam makanan dan jajanan. Jadi pengunjung tak perlu khawatir, jika merasa kelaparan. Para pengunjung bisa mencicipi jajanan seperti sate, es krim, buah-buahan, dan juga pizza mini. Selain itu disekitar taman juga bisa ditemukan café bahkan restoran.

 

sumber: pariwisata.langsakota.go.id



Destinasi lain di Kawasan Aceh


Koordinat: 4.4716, 97.9657
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam151
Wisata Buatan40
Wisata Budaya53
Taman Nasional7
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional