Pemandian Gunung Pandan

Kawasan ACEH

KABUPATEN ACEH TAMIANG, Aceh

Aceh Tamiang yang berada di provinsi Aceh merupakan wilayah administrasi baru yang memisahkan diri dari Aceh Timur. Kabupaten Aceh tamiang sendiri memiliki beberapa tempat wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi. Salah satunya adalah Pemandian Gunung Pandan, yang saat ini menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Kabupaten Aceh Tamiang.

Berbeda dengan pemandian pada umumnya, Pemandian Gunung Pandan sendiri berada di alam terbuka dengan pemandangan alam yang sangat indah dan menawan. Sehingga tidak jarang banyak wisatawan dari berbagai daerah atau luar kota yang rela jauh-jauh datang kemari hanya untuk menikmati indahnya suasana di sekitar Gunung Pandan.

Objek wisata Pemandian Gunung Pandan sendiri terletak di Kecamatan Tenggulun, Desa Selamat, Dusun Pandan, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh. Untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata pemandian ini, para wisatawan harus menempuh jarak yang kurang lebih 45 kilometer atau sekitar 1 jam perjalanan dari ibukota Kabupaten Aceh Tamiang yaitu Karang Baru.

Di sepanjang perjalanan menuju lokasi Pemandian Gunung Pandan, wisatawan akan merasakan sejuknya udara di kawasan Gunung Pandan berpadu dengan pemandangan perkebunan kelapa sawit milik salah satu perusahaan kelapa sawit terbesar di Aceh. Jalanan yang sedikit terjal dan semakin sempit serta suasana hutan yang semakin terasa menandakan bahwa lokasi objek wisata Gunung Pandan sudah semakin dekat.

Sesampainya di Desa Selamat Kecamatan Tenggulun, para wisatawan akan di sambut dengan pemandangan yang indah dan menawan serta aroma khas pedesaan yang masih sangat alami, sedangkan untuk menuju lokasi Pemandian Gunung Pandan sendiri,para wisatawan bisa menempuhnya dengan berjalan kaki kurang lebih 10 menit dari Desa Selamat dengan medan sedikit terjal dan berbatu.

Derasnya air sungai yang jernih dengan di hiasi batu-batu gunung membuat keindahan objek wisata Pemandian Gunung pandan seolah tidak tergantikan. Alam yang begitu asri serta rindangnya pepohonan sekitar semakin membuat udara di sekitar Pemandian Gunung Pandan terasa dingin dan sejuk.

Objek wisata Gunung Pandan sendiri baru di buka tahun 2006, Meskipun objek wisata Pemandian Gunung Pandan tergolong baru namun daya tarik dari Gunung Pandan tidak kalah dari tempat wisata lain yang lebih dulu ada di Kabupaten Aceh Tamiang. Terbukti banyaknya wisatawan dari berbagai daerah yang datang ke objek wisata pemandian ini.

Selain menawarkan pemandangan yang indah dan suasana yang asri, Pemandian Gunung Pandan juga menawarkan beberapa tempat wisata yang menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan, seperti Air terjun yang letaknya kurang lebih 15 menit dari lokasi pemandian dan juga Air Terjun besar yang tingginya kurang lebih 20 meter yang bisa di kunjungi wisatawan setelah menempuh perjalanan 2 jam menggunakan mobil atau kereta.

 


sumber: tempat.me



Destinasi lain di Kawasan Aceh


Koordinat: 4.0860, 97.9353
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam184
Wisata Buatan102
Wisata Budaya78
Taman Nasional8
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional