Kuala Paret

Kawasan ACEH

KABUPATEN ACEH TAMIANG, Aceh

Provinsi Aceh memang menyimpan berbagai destinasi wisata mempesona sehingga tempat ini sering menjadi tujuan wisata bagi pelancong mancanegara. Terdapat berbagai destinasi wisata mulai yang telah dikenal dunia hingga yang masih perawan dan tak banyak diketahui oleh wisatawan. Kuala Paret merupakan salah satu destinasi wisata yang berpotensi menjadi tempat wisata bertaraf internasional.

Kuala Paret merupakan sebuah sungai yang memiliki keunikan tersendiri. Sungai ini memiliki tebing-tebing bebatuan yang indah pada sisi kanan dan kirinya. Air mengalir deras diantara tebing batu tersebut, belakangan tempat ini menjadi semakin populer setelah keindahan sungai banyak beredar di media sosial. Hal tersebut membuat banyak wisatawan penasaran sehingga pengunjung di tempat ini semakin meningkat setiap harinya.

Secara administratif, lokasi dari sungai ini terletak pada Desa Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh. Untuk mencapai ke lokasi Kuala Paret, setidaknya wisatawan harus menempuh jarak sekitar 40 kilometer dari ibukota Aceh Tamiang yaitu Karang Hulu. 

Jika baru pertama kali berkunjung ke tempat wisata ini, wisatawan disarankan untuk bertanya kepada warga setempat karena lokasi dari Kuala Paret cukup sulit ditemui dan tersembunyi. Untuk menuruni bukit, pengunjung bisa menggunakan tali yang diikatkan dengan pohon besar. Kemiringan dari bukit ini mencapai 80 derajat dan wisatawan harus berjalan melewati jalan sepanjang 50 meter.

Ketika berada di puncak bukit, wisatawan bisa melihat dengan jelas aliran sungai Kuala Paret yang meliuk-liuk bagaikan ular raksasa. Warna air yang kontras seolah menjadi oase ditengah perbukitan yang dipenuhi dengan pepohonan hijau. Rimbunnya pepohonan disekitar sungai juga menambah kesan alami dan rindang pada tempat wisata ini.

Saat wisatawan tiba di lokasi Kuala Paret akan terdengar suara gemericik air yang mengalir serta menerpa tebing batu yang berada di kanan dan kiri sungai. Derasnya air yang mengalir disungai tersebut seolah mengundang wisatawan untuk segera menanggalkan pakaian lalu menceburkan diri ke segarnya air.

 

sumber: tempat.me



Destinasi lain di Kawasan Aceh


Koordinat: 4.1611, 97.8419
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam181
Wisata Buatan99
Wisata Budaya77
Taman Nasional8
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional