Pulau Raya

Kawasan ACEH

KABUPATEN ACEH JAYA, Aceh

Pulau ini dulunya daerah benteng selama periode kolonial Belanda dan sekarang menjadi salah satu tempat wisata di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari banyak peninggalan kuburan sejarah tentara yang terbunuh di sini. Selain itu, Pulau Raya juga merupakan objek wisata memancing dan ada sejumlah terumbu karang bagi mereka yang menikmati snorkeling dan menyelam.

Pulau Raya adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudera Hindia. Pulau Raya terletak di desa Lhok Kruet, kecamatan Sampoinet, Kabupaten Aceh Jaya. Ini dapat dicapai melalui jalan-jalan di provinsi Banda Aceh di sepanjang pantai barat, sejauh 65 km ke Meulaboh. Jalan bisa melalui daerah Lhonga, Lhong, dan Lamno. 

Sebelum Tsunami tahun 2004, pulau ini dihuni oleh 1000 orang, tetapi setelah tragedi pulau ini tidak berpenghuni. Sekarang, ada penduduk yang tinggal di pulau ini, yang terbagi dalam 3 desa Lhok Siron, Lhok Meu dan Ujung Manek. Suku-suku yang tinggal di pulau ini adalah keturunan yang sama yang tinggal di pulau ini sejak abad ke-18.

Di ujung barat pulau yang dikenal sebagai masyarakat Ujung Manek, ada perbukitan tanah merah dan batu. Terumbu karang di ujung barat adalah ujung menuju Samudra Hindia yang curam dan bergelombang dengan keras.

Tenang dan kesepian. Itu adalah kata-kata sempurna untuk menggambarkan Pulau Raya yang mencakup sekitar 3,42 kilometer persegi. Pulau ini juga merupakan salah satu saksi bisu Tsunami yang menyerang Aceh pada tahun 2004. Secara keseluruhan, pulau ini masih memiliki keindahan dan keunikan.

 

sumber: www.indonesia-tourism.com



Destinasi lain di Kawasan Aceh


Koordinat: 4.8695, 95.3809
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam150
Wisata Buatan41
Wisata Budaya53
Taman Nasional7
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional