Tugu Kupiah Teuku Umar

Kawasan ACEH

KABUPATEN ACEH BARAT, Aceh

MENGENAL Teuku Umar Johan Pahlawan sebagai seorang pahlawan Nasional juga semestinya juga harus mengetahui tempat gugurnya beliau. Pasie Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, adalah saksi bisu syahidnya pahlawan kebanggaan Indonesia tersebut.

Pasie Ujong Kalak, atau lebih dikenal dengan sebutan Pasie Batee Puteh berada tak jauh dari pusat kota Meulaboh, Ibukota Aceh Barat. Berada sekitar 1 km dari pusat kota atau dari simpang Pelor.

Menurut sejarah yang berkembang, di Batee Puteh inilah, putra Meulaboh tersebut menghembus nafas terakhir. Ketika perperangan melawan pasukan Belanda yang dipimpin Jenderal Van Heutsz pada 11 Februari 1899, Teuku Umar terkena tembakan. Setelah melihat sang pemimpin gugur, pengikut Teuku Umar yang setia membawa lari jasad beliau dari lokasi perang. Pejuang Aceh melalui Dusun Kubah Pahlawan, Desa Suak Raya menuju Meugo, tempat pemakaman sekarang.

Saat ini, di lokasi syahidnya Teuku Umar telah dibangun sebuah tugu Kupiah Meukeutop, sebagai monumen sejarah bagi generasi penerus.

Saat ini, belum ada jalan aspal menuju monumen sejarah tersebut. Hanya jalan serak batu yang mengantarkan pengunjung ke sana. Namun, perjalanan kita tidak sia-sia, pengunjung akan disambut pesona alam yang begitu memukau. Menakjubkan!

Arah utara tugu dikelilingi panorama sungai indah. Sungai besar ini tercipta pascatsunami menerjang Aceh pada Desember 2004 silam. Bermacam flora dan fauna berkembang di lahan rawa ini. Di satu sudut, pohon nipah (yang biasa diambil pucuk sebagai bahan baku daun rokok pucuk) tumbuh berjejer di sepanjang tepi rawa. Di sudut yang lain, pohon kelapa menjulang menjadi hiasan betapa indahnya Bumi Teuku Umar.

Melangkah ke arah barat, permandangan pantai juga membuat pengunjung ingin berlama-lama di objek wisata ini. Alunan gelombang beraturan dengan pasir halus seakan membawa kedamaian. Selain itu, bebatuan dengan lumut hijau juga dapat ditemui di pantai Batee Puteh ini. Melirik ke arah barat daya, pemandangan pelabuhan Jetty Meulaboh juga menjadi tontonan di area ini.

Nah, jika anda berkunjung ke Meulaboh Bumoe Teuku Umar, jangan lupa singgah di objek wisata sejarah ini ya… Selain untuk mengenang perjuangan heroik Pahlawan Nasional Teuku Umar Johan Pahlawan, di lokasi ini, anda juga bisa berekreasi dengan menikmati pemandangan pantai yang indah.

Jika anda membawa rombongan atau keluarga, disini juga tersedia cafe untuk beristirahat dan menyantap kuliner khas Aceh.

 

sumber: kabaracehbarat.net, steemkr.com



Destinasi lain di Kawasan Aceh


Koordinat: 4.1478, 96.1157
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam151
Wisata Buatan40
Wisata Budaya53
Taman Nasional7
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional