Kampung Adat Ruteng Puu

Kawasan Labuan Bajo

KABUPATEN MANGGARAI, Nusa Tenggara Timur

Kampung yang berada di Kecamatan Golo Dukal, Manggarai, Flores, ini memiliki rumah adat khas suku Manggarai yang berbentuk kerucut yang dikenal luas dengan sebutan Tambor dan Gendang. Dulunya seluruh penduduk Kampung Adat Ruteng Pu’u muat dalam dua rumah tersebut. Seiring dengan berjalannya waktu, kini penduduk lokal membuat rumah di sekitar rumah adat tersebut.

Terdapat 3 sumber air yang mengapit desa kenamaan di NTT ini, ada Wae Lideng, Wae Moro, dan Wae Namut. Di bagian tengah kampung ini terdapat altar batu yang disebut dengan compang. Nantinya compang ini akan menjadi tempat kerbau dan sapi untuk dikorbankan sebagai bagian dari ritual Penti. Hal ini dilakukan untuk merayakan panen yang melimpah.

Ada berbagai aktivitas yang dapat Anda lakukan saat berlibur di Kampung Adat Ruteng Pu’u ini. Selain berjalan-jalan atau sekedar berburu foto, Anda juga dapat berbelanja berbagai buah tangan khas Manggarai seperti tenun Manggarai atau tenun lain yang diproduksi oleh masyarakat di sekitar Flores.

 

Sumber foto : https://www.manggaraikab.go.id/berita.php?read=534



Destinasi lain di Kawasan Nusa Tenggara Timur


Koordinat: -8.5932, 120.3781
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam35
Wisata Buatan5
Wisata Budaya30
Taman Nasional2
  • Share Via