Danau Gunung Tujuh

Kawasan JAMBI

KABUPATEN KERINCI, Jambi

Danau Gunung Tujuh menjadi salah satu destinasi menarik di daerah Kerinci yang membuat pengunjungnya berdecak kagum. Danau yang merupakan danau vulkanik yang terbentuk akibat aktivitas gunung merapi di masa lampau. Bisa dibilang, inilah obyek wisata alam utama setelah Gunung Kerinci di Kabupaten Kerinci. Alamnya yang asri, alami, danaunya yang bening dan hening membuat kita merasakan kehidupan yang benar-benar tenang, terasing tanpa gangguan.

Danau Gunung Tujuh berada di ketinggian hampir dua kilometer di atas permukaan laut dikelilingi tujuh gunung, yakni Gunung Hulu Tebo (2.525 meter), Gunung Hulu Sangir (2.330 meter), Gunung Madurai Besi (2.418 meter), Gunung Lumut (2.350 meter), Gunung Selasih (2.230 meter), Gunung Jar Panggang (2.469 meter), dan Gunung Tujuh (2.735 meter).

Kawasan Danau Gunung Tujuh dianggap sebagai jantung Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), yang luasnya lebih dari 1,4 juta hektare. Kawasan taman nasionalini sudah diakui Badan Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) sebagai situs warisan dunia, Tropical Rainforest Heritage Sumatra, pada 2004. Kawasan Danau Gunung Tujuh merupakan salah satu pusat keanekaragaman hayati Taman Nasional Kerinci Seblat. Berbagai jenis tumbuhan dan satwa, seperti harimau Sumatera, kambing hutan, rusa, tapir, dan beruang madu, banyak ditemukan di sini.

Salah satu daya tarik Danau Gunung Tujuh  yang menyimpan misteri adalah "Orang Pendek". Orang Pendek adalah makhluk setinggi 1 meter yang berjalan tegak dan berbulu. Ia tidak berekor. Beberapa penduduk mengaku pernah melihatnya, tapi makhluk itu menghilang secepat kilat. Siapa tahu Anda beruntung bisa melihat "Orang Pendek" tersebut.



Destinasi lain di Kawasan Jambi


Koordinat: -6.2297, 106.8295
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam132
Wisata Buatan118
Wisata Budaya158
Taman Nasional11
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional