Pantai Loang Baloq

Kawasan Lombok

KOTA MATARAM, Nusa Tenggara Barat

Lombok memang selalu saja berhasil membuat wisatawan terpesona dengan keindahannya. Salah satu destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi adalah pantai Loang Baloq. Pantai Loang Baloq adalah sebuah pantai pasir putih yang berada di kota Mataram. Kawasan ini tidak hanya menyediakan keindahan pantai, tetapi sekaligus menjadi wisata sejarah dan wisata religi.

Di bibir pantai terdapat saung saung yang tepat berada di taman Loang Baloq. Di taman Loang Baloq juga dilengkapi dengan sebuah danau buatan dengan bentuk menyerupai pulau lombok. Wahana air di taman Loang Baloq juga tebilang lengkap

Di kawasan pantai Loang Baloq juga terdapat makam keramat yang disebut makam Loang Baloq. Komplek pemakaman ini terdiri dari 3 makam, yaitu makam Maulana Syech Gaus Abdurrazak, datuk laut dan anak yatim. Komplek pemakaman ini akan ramai peziarah saat idul fitri dan akan mencapai puncaknya pada saat lebaran ketupat (tanggal 6 syawal).

Loang Baloq dalam bahasa Sasak berarti Lubang di pohon Beringin (Loang=Lubang, Baloq=Pohon Beringin).  Ada cerita mistis terkait pohon beringin tersebut.  Jika anda punya doa atau permintaan, anda bisa membuat nazar disini, lalu mengikatkan sesuatu di akar pohon beringin. Jika permohonan terkabul, anda diwajibkan kembali lagi untuk melepaskan ikatan tersebut dengan melaksanakan nazar anda. Hal ini di Lombok terkenal dengan nama ritual Saur Sesang.


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Supriyantho Khafid



Destinasi lain di Kawasan Nusa Tenggara Barat


Koordinat: -8.6026, 116.0738
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam178
Wisata Buatan25
Wisata Budaya28
Taman Nasional10
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional