Gendang Beleq

Kawasan Mandalika

KABUPATEN LOMBOK BARAT, Nusa Tenggara Barat

Gendang Beleq adalah kesenian musik tradisional yang dimainkan secara berkelompok dengan menggunakan beberapa macam alat musik dan gendang berukuran besar sebagai alat musik utamanya. Alat musik gendang yang digunakan sedikit berbeda dengan gendang pada umumnya karena memiliki ukuran yang lebih besar. Kesenian Gendang Beleq ini merupakan salah satu kesenian tradisional yang berasal dari Suku Sasak di Pulau Lombok, NTB.

Dalam penyajian kesenian ini, biasanya juga diiringi dengan tarian yang diperankan oleh beberapa penari perempuan. Pertunjukkan gendang beleq ini ditampilkan dengan penuh suka cita dan dimainkan secara padu antara penabuh yang satu dengan lainnya. Sebelum dimulainya pertunjukan gendang beleq ini, diawali dengan pemeras oleh salah satu penabuh atau sekaa yang bertujuam untuk kelancaran pementasan.

Dalam tradisi suku Sasak, gendang beleq dapat ditemui saat pelaksanaan upacara adat merariq (upacara pernikahan), yakni pada saat nyongkolan atau sorong serah, saat khitanan, saat silaturahmi pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad Saw, dan tradisi lainnya di pulau Lombok. Selain saat pelaksanaan upacara adat, pertunjukan gendang beleq juga dapat dijumpai saat penyambutan tamu, festival budaya dan pada kegiatan-kegiatan lainnya.


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Aris Novia Hidayat



Destinasi lain di Kawasan Nusa Tenggara Barat


Koordinat: -8.5758, 116.2065
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam179
Wisata Buatan25
Wisata Budaya27
Taman Nasional10
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional