Danau Segara Anak

Kawasan Lombok

KABUPATEN LOMBOK TIMUR, Nusa Tenggara Barat

Destinasi danau yang satu ini begitu menarik karena sekaligus merasakan keindahan Gunung Rinjani. Segara Anak, yang terletak pada ketinggian 2.008 mdpl, merupakan danau kaldera dengan gunung berapi aktif tertinggi di Indonesia, bahkan dunia. Hawanya dingin, berkisar 15-18 derajat Celsius, dan jika malam suhunya bisa anjlok sampai 5 derajat Celsius. Kabut bisa muncul tiba-tiba, menggantikan pagi atau petang yang cerah di danau berbentuk bulan sabit yang dikelilingi tebing terjal Gunung Rinjani itu.

Pesona alam Segara Anak menjadi daya tarik wisata dan ikon Rinjani. Pada 2004, majalah National Geographic Traveler dan lembaga perlindungan alam Conservation International menobatkan kawasan itu sebagai tujuan wisata alam terbaik.  Mendaki Rinjani rasanya tak lengkap bila tak bertandang ke Danau Segara Anak. Untuk mencapai danau itu, selama ini ada dua jalur pendakian yang umum dipakai, yakni rute Sembalun dan Senaru. Dua tempat yang menjadi satu paket itu sekarang kian populer di kalangan turis, terutama wisatawan mancanegara.

Bila pengunjung memilih datang pada bulan kelima atau sekitar Oktober-November bisa menyaksaikan ritual yang dilakukan pemeluk Hindu di kaki Rinjani dan Lombok. Bagi umat Hindu, Segara Anak adalah danau sakral. Mereka memiliki ritual keagamaan Mulang Pekelem, yang biasa dilaksanakan pada malam purnama bulan kelima atau sekitar Oktober-November. Mulang Pekelem merupakan perayaan syukur sekaligus memohon agar masyarakat Lombok diberi kemakmuran dan kedamaian. Dalam ritual itu, mereka menyembelih hewan di Segara Anak dan melarung benda-benda berharga ke danau.



Destinasi lain di Kawasan Nusa Tenggara Barat


Koordinat: -8.4100, 116.4017
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam85
Wisata Buatan48
Wisata Budaya65
Taman Nasional3
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional