Kirab Penganten Tebu di Pabrik Gula

Kawasan JAWA TIMUR

KABUPATEN TULUNGAGUNG, Jawa Timur

Indonesia mempunyai banyak ragam budaya dalam ritual adat masyarakat mensyukuri hasil bumi. Salah satunya di pabrik gula Modjopanggoong, Tulungagung, Jawa Timur. Ritual ada tersebut itu dinamakan kirab pengantin tebu. Mantenan Tebu digelar sebagai pertanda musim giling tebu telah dibuka. Setelah para petani tebu menuai hasil panen melimpah.Karenanya untuk mengiring rasa syukur pada Sang Kuasa digelar mantenan tebu. Acara pengantin tebu tersebut dipimpin tokoh adat setempat,lengkap diiringi beberapa orang berpakaian berpakaian ala Jawa dengan mengenakan beskap.

Sebelum acara penganten tebu, biasanya diawali dengan prosesi ini dengan melakukan kirab terlebih dahulu, Mereka mengawali prosesi ini dengan melakukan kirab terlebih dahulu. Di dalam kirab yang menempuh jarak 2 kilometer, di baris paling depan beberapa orang berpakaian adat Jawa itu membawa tandu yang dinaiki sepasang pengantin tebu. Pasangan pengantin ini hanyalah boneka yang terbuat dari tebu.Layaknya pasangan manusia, warga begitu kreatif dalam menciptakannya.Mirip sekali.Ada yang lelaki dan ada pula yang wanita.

Mantenan tebu ini adalah salah satu tradisi yang melanjutkan adat budaya yang pernah ada.Menurut sejarahnya, mantenan ini telah ada puluhan tahun silam.Tradisi mantenan tebu ini juga dilakukan di sejumlah daerah yang memiliki pabrik gula. Di Cirebon, Jogja, Solo, Klaten, Kediri dan seterusnya.

 


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Fully Syafi



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -8.0925, 111.9694
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam679
Wisata Buatan465
Wisata Budaya320
Taman Nasional15
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional