Monumen Simpang Lima Gumul

Kawasan JAWA TIMUR

KABUPATEN KEDIRI, Jawa Timur

Salah satu ikon di Kabupaten Kediri yaitu Monumen Simpang Lima Gumul, atau dikenal dengan disingkat SLG. Tempat ini adalah salah satu objek wisata yang ramai di kota Kediri. Selain itu, tempat ini juga merupakan sentra ekonomi dan perdagangan. Bentuknya menyerupai Arc de Triomphe yang berada di Paris, Perancis, dengan tinggi bangunan 6 meter dan luas 804 meter persegi, dengan 6 lantai. Pada bagian luar dinding bangunan terdapat beberapa gambar (Relief).Relief tersebut merupakan gambaran masyarakat Kediri pada jaman dahulu.Di sudut bangunan terdapat sebuah arca yang cukup besar, yaitu arca Ganesha. Bagi umat hindu, Ganesha adalah dewa penolak bala, dewa pelindung, dewa pengetahuan dan kecerdasan.

SLG mulai dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008, yang digagas oleh Bupati Kediri saat itu, Sutrisno.[Bangunan ini terletak di Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, tepatnya di pusat pertemuan lima jalan yang menuju ke Gampengrejo, Pagu, Pare, Pesantren dan Plosoklaten, Kediri.

Salah satu bagian uniknya adalah terdapat tiga terowongan bawah tanah.Tiga terowongan bawah tanah tersebut terhubung dengan area parkir di tiga titik berbeda.Pada hari biasa, area parkir yang dibuka hanya satu yaitu di sebelah kiri jalan dari arah Gampengrejo menuju Pagu.

 


Sumber: TEMPO, shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -7.8158, 112.0621
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam626
Wisata Buatan424
Wisata Budaya286
Taman Nasional14
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional