Gua Surowono

Kawasan JAWA TIMUR

KABUPATEN KEDIRI, Jawa Timur

Gua Surowono merupakan sebuah terowongan atau lorong bawah tanah yang di dalamnya mengalir sebuah sungai yang airnya sangat jernih.Gua Surowono ini berada di Desa Canggu, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri.

Terowongan ini konon berhubungan erat dengan Candi Surowono. Terdiri dari lima sumur dengan jarak antarsumur sekitar 50 meter-60 meter. Mulut terowongan berbentuk kubah, selebar tubuh manusia dengan tinggi sekitar 160 cm-170 cm. Di beberapa bagian, ketinggiannya hanya 150 cm, bahkan di antara sumur ke-4 dan ke-5 jarak dasar terowongan dengan langit-langit hanya sekitar 60 cm. Pada dinding-dinding dalam terowongan banyak rembesan air sehingga membuat ruangan selalu terisi air dengan ketinggian bervariasi mulai setinggi mata kaki sampai paha. 

Beragam cerita beredar di masyarakat mengenai terowongan ini.Masyarakat sekita ada yang menyebutnya kalau goa ini merupakan jalan rahasia para prajurit kerajaan ketika menghindar dari musuh, dan sebagai tempat persembunyian Raja Kediri.

Gua Surowono menjadi salah satu objek wisata yang unik.Gua ini sering dikunjungi para traveler yang suka menguji adrenalin.Gua ini bagaikan lorong bawah tanah yang berliku dan banyak rintangan.

 


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Aris Novia Hidayat



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -7.7403, 112.2175
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam664
Wisata Buatan455
Wisata Budaya335
Taman Nasional15
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional