Air terjun Sedudo

Kawasan JAWA TIMUR

KABUPATEN NGANJUK, Jawa Timur

Kabupaten Nganjuk ini merupakan lokasi yang tepat untuk berwisata air bagi Anda yang enggan melakukan perjalanan jauh sampai ke pisisir pantai. Wisata air terjun Sedudo Nganjuk Jatim ini sudah cukup populer bagi wisatawan lokal maupun asing. Secara administrasi air terjun Sedudo masuk dalam wilayah desa Ngliman, kecamatan Sawahan, kabupaten Nganjuk Jawa Timur.

Air terjun Sedudo berada di lereng gunung Wilis dan berada di ketinggian sekitar 1.438 meter dari permukaan laut dan dengan ketinggian mencapai 105 meter. Di lokasi depan air rerjun Sedudo terdapat  gapura yang merupakan gerbang utama menuju lokasi. Setelah melewati gerbang, Anda langsung akan diperlihatkan pemandangan tebing yang tinggi dan pepohonan yang menghijau yang dibiarkan tumbuh subur.

Masyarakat setempat masih mempercayai, air terjun in memiliki kekuatan supra natural. Lokasi wisata alam ini ramai dikunjungi orang pada bulan Sura (kalender Jawa). Konon menurut mitos yang ada, pada bulan itu dipercaya membawa berkah awet muda bagi orang yang mandi di air terjun  tersebut.

Setiap Tahun Baru Jawa, air terjun Sedudo dipergunakan untuk upacara ritual, yaitu memandikan arca dalam upacara Parna Prahista, yang kemudian sisa airnya dipercikan untuk keluarga agar mendapat berkah keselamatan dan awet muda. Hingga sekarang pihak Pemkab Nganjuk secara rutin melaksanakan acara ritual Mandi Sedudo setiap tanggal 1 Suro.

 


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Imam Sukamto



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -7.7808, 111.7581
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam751
Wisata Buatan546
Wisata Budaya439
Taman Nasional17
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional