Ritual Mimiti

Kawasan Joglosemar

KABUPATEN BANYUMAS, Jawa Tengah

Selain tradisi tenongan, di Desa Somakaton, Kecamatan Somagede, Banyumas, Jawa Tengah juga mempunyai tradisi unik lain, yaitu tradisi Mimiti. Ritual Mimiti adalah acara menyambut panen, atau semacam permintaan ijin masyarakat petani sebelum memanen, juga sebagai bentuk rasa syukur.Acara mimiti diawali dengan membawa sesaji ke tengah sawah.Rombongan sesaji diikuti para petani yang membawa ani-ani atau alat pemetik padi. Sampai di tengah sawah, sesepuh membacakan doa.

Ritual Mimiti juga sering dilaksanakan di wilayah lain, namun pelaksaan mimiti antara sawah yang satu dengan petak sawah lainnya seringkali berbeda. Hal ini dikarenakan masih dipercayanya sistem petangan (penghitungan) hari baik pada saat mulai tandur dan panen.

Salah satu bagian dari ritual Mimiti adalah tari Lesung, tarian yang menggambarkan tentang kegembiraan dan suka cita masyarakat dalam menyambut datangnya musim panen.Tarian lesung ini dibawakan oleh petani atau masyarakat, laki-laki atau perempuan.Para penari memegang alu dan dihentakan pada lesung dengan nada yang unik.Pola permainan tetabuhan ini dilakukan secara bergantian.Para penabuh alu dan lesung juga menari dengan mengelilingi lesung sebagai ungkapan kegembiraan sesuai dengan irama yang mereka mainkan.

 


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Aris Andrianto



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -7.5023, 109.3456
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam402
Wisata Buatan310
Wisata Budaya470
Taman Nasional11
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional