Tradisi Tenongan

Kawasan Joglosemar

KABUPATEN BANYUMAS, Jawa Tengah

Sama seperti tradisi Nyadran dalam menyambut bulan puasa Ramadhan di daerah Jawa, Warga Desa Somakaton, Kecamatan somagede, Kabupaten Banyumas mempunyai tradisi serupa, masyarakat menyebutnya tradisi sedekah bumi berupa Tenongan. Acara ini diikuti banyak warga, biasanya rata-rata membawa 700-an tenongan dari seribuan warga yang datang dan berkumpul. Tenong atau semacam bakul dari anyaman bambu diisi oleh Nasidah dengan 12 bungkus takir atau makanan. Makanan lengkap dengan isi nasi dan lauknya itu dibungkus dengan daun pisang. Setiap tenong milik penduduk berbeda-beda isinya.

Acara dimulai pada pagi hari, sekitar pukul 8 Ribuan warga dengan menyunggi tenong keluar dari rumah dan berkumpul di sekitar padepokan yang ada di Somagede.Sembari menunggu acara berlangsung, tenong dari bambu ditaruh berjajar.

Tenongan biasanya dilakukan setiap hari Selasa Kliwon atau anggara kasih dalam bulan Suro penanggalan Jawa.Sedekah bumi merupakan bentuk tradisi untuk berbakti kepada Tuhan Sang Pencipta alam.

 


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Aris Andrianto



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -7.5256, 109.3426
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam362
Wisata Buatan270
Wisata Budaya398
Taman Nasional11
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional