Wisata Bahari Lamongan Tanjung Batu Kodok

Kawasan JAWA TIMUR

KABUPATEN LAMONGAN, Jawa Timur

Batu Kodok adalah nama bongkahan-bongkahan batu karang besar yang berbentuk seperti kodok dan menghadap ke arah laut yang ada di kawasan pantai daerah Paciran, Lamongan, Jawa Timur. Karena adanya batu kodok itulah, pantai ini awalnya dikenal dengan nama pantai Tanjuk Kodok sebelum dibangun dan dibenahi menjadi Wisata Bahari Lamongan (WBL). Tempat wisata Tanjung Kodok Lamongan jatim adalah sebuah tempat wisata yang berada di perairan laut utara Jawa.

Tempat ini memiliki keunikan tersendiri, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke Tanjung Kodok. Selain batu karangnya yang menyerupai kodok, ada beberapa patung kecil yang memang diletakkan di atas bebatuan, yakni patung singa laut. Patung tersebut turut menambah kecantikan pantai ini.

Di deretan tepi pantai, terdapat juga menara pandang. Rupanya, lokasi ini menjadi tempat yang strategis untuk meneropong kedatangan pertama bulan, biasanya untuk menentukan awal Ramadan dan Idul Fitri. Tanjung Kodok juga mendapat pengakuan internasional sebagai tempat penelitian waktu terjadinya gerhana matahari total pada 11 Juni 1983. 

Pada tahun 2004 pemkab Lamongan menggandeng investor untuk mengembangkan Tanjung Kodok menjadi objek wisata dengan beragam wahana permainan dan meresmikan namanya menjadi  WBL. Saat ini tercatat lebih dari 40 wahana yang siap memacu adrenalin pengunjung, baik untuk anak-anak maupun pengunjung dewasa.

 


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Aris Novia Hidayat



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -6.8655, 112.3599
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam650
Wisata Buatan444
Wisata Budaya318
Taman Nasional14
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional