Makam Gus Dur

Kawasan JAWA TIMUR

KABUPATEN JOMBANG, Jawa Timur

Wisata religi makam mantan presiden KH Abdurrahman Wahid di Pondok Pesantren Tebuireng, kabupaten Jombang, Jawa Timur, menjadi salah satu andalan wisata di kabupaten Jombang, bahkan di Jawa Timur. Makam Gus Dur berada di desa Cukir, kecamatan Diwek, kabupaten Jombang, Jawa Timur Presiden keempat Indonesia itu lahir di Jombang pada 7 September 1940. Ia wafat di tanggal 30 Desember 2009. Di tanah kelahirannya itulah jasad Gus Dur dikebumikan.
 
Di makam pesantren Tebuireng, Jombang, selain ada KH Abdurrahman Wahid, yang akrab disapa Gus Dur, juga dimakamkan pendiri organisasi Islam Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asy'ari. Dan juga ayahandanya yang juga tokoh nasional KH Wahid Hasyim. Selain itu, sejumlah kiai dan keluarga juga dimakamkan di lokasi tersebut.

Prasasti berukuran 115 x 60 sentimeter setinggi 45 sentimeter itu tersusun dari tiga batu yang mewakili tiga peradaban dan telah berusia ribuan tahun. Batu besarnya adalah Verde Patricia, marmer hijau yang berasal dari India. Di tengahnya terdapat onyx hijau yang berasal dari Persia. Sedangkan tulisan yang berisi pesan Gus Dur dalam empat bahasa dipasang di Statuario, batu marmer dari Italia.

Dimakam ini ada balai berlantai dua yang berada di depan makam. Area makam Gus Dur diberi pendingin ruangan sehingga orang-orang bisa khusyuk dan nyaman saat berziarah. Makam Gus Dur tidak buka 24 jam, namun sudah ada jadwal kunjungan yaitu siang mulai pukul 07.00 - 16.00 WIB dan malam mulai pukul 20.00 - 03.00 WIB.

 


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Ishomuddin



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -7.6072, 112.2380
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam626
Wisata Buatan424
Wisata Budaya285
Taman Nasional14
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional