Hari Raya Unduh-unduh

Kawasan JAWA TIMUR

KABUPATEN JOMBANG, Jawa Timur

Ada pemandangan tak biasa di acara kebaktian GKJW (Gereja Kristen Jawi Wetan) Jemaat Kediri. Berbagai hasil panen terlihat menghiasi altar gereja. Ratusan jemaat memperingati hari raya Unduh-unduh. Kegiatan ini, hanya dapat ditemui di Greja Kristen Jawi Wetan dan beberapa Gereja Kristen Jawa lainnya.

Selama ini Jombang sering mendapat julukan sebagai kota santri karena banyaknya pesantren di kota ini. Tapi siapa sangka, ternyata Jombang memiliki suatu tradisi yang sangat unik dan yang jadi penyelenggaranya justru umat Kristiani. Meskipun demikian dalam pelaksanaannya selalu melibatkan seluruh lapisan masyarakat, tidak hanya umat Kristiani saja.

Unduh-unduh merupakan sebuah tradisi budaya yang tujuan utamanya adalah sebagai wujud syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang melimpah. Tradisi ini diselenggarakan di Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) yang berada di Jl. Merdeka No.2 desa Mojowangi, kecamatan Mojowarno kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Berbagai hasil bumi seperti padi, sayur-sayuran, dan buah-buahan dihias di atas gerobak besar kemudian diarak keliling kampung. Tidak hanya hasil bumi berbagai hewan ternak juga diarak keliling desa. Perayaan ini guna menyambut masuknya musim panen. Terdapat tujuh blok unduh-unduh yang diarak. Yakni, enam blok dari jumlah dusun yang ada di Desa Mojowarno, ditambah satu blok dari RS Kristen Mojowarno.

 


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Aris Novia Hidayat



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -7.5729, 112.2878
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam658
Wisata Buatan428
Wisata Budaya294
Taman Nasional15
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional