Damar Kurung

Kawasan JAWA TIMUR

KABUPATEN GRESIK, Jawa Timur

Damar Kurung merupakan salah satu dari ikon kota Gresik yang sekaligus sebagai souvenir lampu khas kota ini. Pemerintah Kabupaten Gresik menjadikan damar kurung sebagai maskot kota, membuat tiruan damar kurung ukuran besar untuk lampu dan monumen kota. Damar Kurung adalah sebuah lentera dengan bentuk khas, yang berbeda dengan lampion Cina. Tokoh seniman Damar Kurung yang populer adalah Masmundari.

Damar kurung sendiri mengalami banyak perkembangan, dari yang terbuat dari mika akrilik, lukisan berfigura, lampu tidur, hingga desain pada kaos. Motif damar kurung sangat beragam, mulai dari festival pasar bandeng yang sangat terkenal di kota Gresik, suasana sholat Terawih dan nuansa ramah tamah lebaran. Terlihat orang-orang yang dilukis pada motif tersebut sedang gembira laksana suasana ramadhan yang sebenarnya seolah sedang bercerita.

Untuk mengambalikan fungsi damar kurung yang sesungguhnya, Novan Effendy memnciptakan Festival Damar Kurung yang dimulai pada tahun 2012 dan bertujuan untuk mengingatkan masyarakat dan mengembalikan tradisi warga Gresik. Dalam Festival yang selalu diadakan setiap tahun, dinyalakan ribuan Damar Kurung dalam beberapa hari serta memberikan edukasi kepada generasi muda yang biasa di sebut Pesantren Damar Kurung Selain itu, dengan diadakannya festival ini, tujuan yang sebenarnya akan tercapai yakni memasyarakatkan damar kurung kepada khalayak umum.

 


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Aris Novia Hidayat



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -7.1764, 112.6420
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam634
Wisata Buatan435
Wisata Budaya297
Taman Nasional14
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional