Situs Megalit Tetegewo

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN NIAS SELATAN, Sumatera Utara

Situs Megalith Tetegewo terletakdi desa Tetegewo, Kecamatan Sidua Ori kabupaten Nias Selatan. Situs Megalith ini didirikan sekitar 500 tahun yang lalu dengan latarbelakang ingin mendirikan kampung karena bertanding dengan saudaranya laki-laki sulung yang sudah mendirikan kampung dan melakukan pesta adat besar di Lahusa IdanoTae. Sekitar 100 tahun yang lalu kampung tersebut ditinggalkan oleh para penduduk dikarenakan musim kemarau yang berkepanjangan dan membuat penduduk resah dengan kekosongan air. Maka pada saat itu pula penduduk di kampung itu terpencar mencari tempat tinggal di daratan yang lebih rendah untuk menemukan air, sekarang berada di tepi jalan 600 meter dari situs.

Situs megalitikum Tetegewo ini terdiri atas batu-batu besar bersar berbentuk tugu, bundar dan persegi menyerupai meja yang berasal dari Baho, sungai yang terletak 3 km di bawah situs ini berada. Batu Behu, batu yang berdiri seperti tugu, menandakan sudah pernah membuat pesta besar-besaran. Sedangkan batu menyerupai meja berbentuk bundar merupakan tempat untuk menari pada saat pesta. Sementara batu menyerupai meja berbentuk persegi untuk raja duduk, sedangkan peserta rapat duduk dibawahnya. Di bawah meja terdapat semacam gua yang berfungsi sebagai penjara untuk seseorang yang telah membunuh, mencuri, atau memperkosa.
 
Jalanan yang berkelok dan berlubang, bahkan hanya terdiri dari bebatuan menemani perjalanan 10 km terakhir menuju situs kuno ini. Karena letaknya yang berada di atas bukit, untuk mencapai situs ini pengunjung harus melewati jalan bebatuan setapak yang cukup menanjak sejauh kurang lebih 500 meter. Perkampungan ini sengaja dibuat di atas bukit, karena menurut Sozisokhi Telaumbanua, juru kunci situs kuno ini, pada jaman dahulu sering terjadi peperangan dan hal ini memudahkan raja untuk melihat musuh yang akan menyerang.

 


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Gunawan Wicaksono



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 0.7134, 97.8437
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam59
Wisata Buatan66
Wisata Budaya27
Taman Nasional4
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional