Situs Ngurawan

Kawasan JAWA TIMUR

KABUPATEN MADIUN, Jawa Timur

Situs Ngurawan yang ada di Dusun Ngrawan, desa Dolopo, kecamatan Dolopo, kabupaten Madiun diproyeksikan sebagai destinasi atau daerah tujuan wisata sejarah dan budaya. Situs ini diyakini tak kalah menarik dengan wisata serupa yang lebih dulu terkenal.

Penelitian dan penggalian di Situs Ngurawan dilakukan setelah warga sekitar sering menemukan benda-benda kuno yang diduga merupakan peninggalan kerajaan Majapahit pada masa lalu, seperti umpak, yoni, tembikar kuno, ambang pintu, panil relief dan ‘jobong sumuran’. Di wilayah tersebut juga terdapat arca Nandi (lembu), arca Dewi Parwati, Jaladuwara (saluran air), dan miniatur candi. 

Dan temuan yang terbaru adalah susunan batu bata berbentuk pondasi kuno. Ditemukan juga patung yang diduga kuat peninggalan peradaban kerajaan Majapahit. Sejauh ini, ekskavasi masih difokuskan pada bagian dalam bangunan Situs Kedaton Ngurawan. Itu terlihat dari hasil temuan berupa pecahan tembikar peralatan rumah tangga hingga ketiga dasar lantai yang berlainan bahan. Diperkirakan, Situs Kedaton Ngurawan terbilang istimewa lantaran dikelilingi pagar keliling atau benteng.

 


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Nofika Dian Nugroho



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -7.7872, 111.5349
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam814
Wisata Buatan592
Wisata Budaya475
Taman Nasional20
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional