Museum Trowulan

Kawasan JAWA TIMUR

KABUPATEN MOJOKERTO, Jawa Timur

Museum Trowulan adalah museum arkeologi yang terletak di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Tempat ini adalah salah satu lokasi bersejarah terpenting di Indonesia yang berkaitan dengan sejarah kerajaan Majapahit. Museum Trowulan ini digunakan sebagai tempat penyimpanan benda-benda atau artefak-artefak yang ditemukan di sekitar Trowulan. Kebanyakan koleksi dari museum ini berasal dari artefak kerajaan Majapahit. Di museum ini juga terdapat penemuan-penemuan artefak dari kerajaan Kahuripan, Kediri, dan Singosari.

Koleksi benda-benda kuno di museum sangat banyak jumlahnya. Mulai dari benda-benda yang digunakan dalam sistem pertanian, masyarakat, arsitertur kuno, keagamaan, serta kebudayaan kuno yang sebagian besar merupakan hasil penemuan sisa-sisa dari zamn Majapahit.. Seluruh benda koleksi tersebut dipamerkan baik di dalam gedung pendopo maupun diluar gedung yang masih berada di sekitaran area museum. 

Untuk memudahkan dalam meneliti dan mengkaji kemudian benda-benda koleksi museum ini dibagi-bagi atau diklasifikasikan sesuai jenis dan kegunaannya, Ada koleksi tanah liat (terakota), koleksi keramik, koleksi logam, dan koleksi Batu. Koleksi museum ini yang berbahan batu diklasifikasikan menjadi koleksi miniatur dan komponen candi, koleksi arca, relief, koleksi prasasti. Terdapat pula benda-benda berupa batu yang berasal dari masa prasejarah, misalnya kapak lonjing, flakes serta fosil binatang masa prasejarah.

 

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Subekti



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -7.5600, 112.3806
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam653
Wisata Buatan419
Wisata Budaya278
Taman Nasional14
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional