Museum Kamp Vietnam

Kawasan KEPULAUAN RIAU

KOTA B A T A M, Kepulauan Riau

Di pulau Galang, Batam terdapat sebuah tempat yang dihuni 250 ribu lebih pengungsi Vietnam beberapa puluh tahun silam. Tempat tersebut bernama Kampung Vietnam. Kampung Vietnam ini merupakan sebuah camp pengungsian seluas kurang lebih 80 hektar yang di bangun puluhan tahun yang lalu saat terjadinya perang saudara di Vietnam pada tahun 1975.

Saat ini terdapat sebuah museum kemanusiaan disini. Museum Kampung Vietnam ini hanya ada 2 bangunan saja dengan berbentuk huruf L. Museum ini dikelilingi dengan pagar tembok rendah dan terdapat gerbang dengan aksen pura yang dijadikan pintu utama masuk museum. Di sini dituturkan aneka informasi mengenai keadaan pengungsi yang berada di di sini. Foto-foto kartu pengenal mereka maupun voluntir-voluntir yang dengan sabar menjaga kehidupan pengungsi ini. Juga terdapat maket sebaran pemukiman kamp pengungsian, dalam deret-deret rumah yang tersusun rapi di kamp sebesar 16 km2 ini. Rupanya cukup banyak rumah-rumah yang berdiri, juga barak-barak penampungan.

Memasuki ruangan museum, terlihat banyak koleksi lukisan, foto, tanda pengenal, dan alat-alat yang digunakan oleh pengungsi seperti alat makan, telepon, komputer, alat berkebun, alat memasak, dan bekas sepeda ontel yang dipajang di teras museum. Ada juga lukisan yang menggambarkan pengungsi Vietnam sedang bercengkerama di bawah pohon. Dinding museum dipenuhi deretan pasfoto hitam putih yang bergambar para pengungsi yang memegang papan tulis kecil dengan nama mereka dituliskan dengan kapur tulis.

 


Sumber: TEMPO, shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Kepulauan Riau


Koordinat: 0.7675, 104.1897
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam19
Wisata Buatan13
Wisata Budaya15
Taman Nasional0
  • Share Via