Candi Brahu

Kawasan JAWA TIMUR

KABUPATEN MOJOKERTO, Jawa Timur

Candi Brahu merupakan salah satu candi yang terletak di dalam kawasan situs arkeologi Trowulan, bekas ibu kota Majapahit. Tepatnya, candi ini berada di Dukuh Jambu Mente, desa Bejijong, kecamatan Trowulan, kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Candi Brahu di Mojokerto sudah dibangun sejak masa raja Brawijaya I dan dapat dikatakan bahwa candi tersebut merupakan candi yang paling tua diantara candi-candi lain yang ada di Trowulan. 

Candi Brahu dibangun dengan batu bata merah, menghadap ke arah barat dan berukuran panjang sekitar 22,5 m, dengan lebar 18 m, dan berketinggian 20 meter. Di sekitar kompleks candi dulu ditemukan benda kuno lain, seperti alat upacara dari logam, perhiasan dan benda-benda lain dari emas, serta arca logam yang semuanya menunjukkan ciri-ciri ajaran Buddha, sehingga ditarik kesimpulan bahwa candi Brahu merupakan candi Buddha.

Bagian tubuh dari candi Brahu sebagian besar merupakan susunan batu bata baru yang dipasang pada masa pemerintahan Belanda. Berbeda dengan candi lainnya, bentuk candi Brahu tidak tegas persegi melainkan bersudut banyak, tumpul dan berlekuk. Bagian tengah tubuh candi Brahu melekuk ke dalam. Lekukan ke dalam tersebut dipertegas dengan susunan pola batu bata pada dinding depan candi. Bagian atap candi juga tidak berbentuk prisma atau segi empat, melainkan sudut banyak dengan puncak datar. Kaki candi bersusun 2, kaki bagian bawah kira-kira setinggi 2 m dan mempunyai tangga disisi barat untuk menuju selasar selebar 1 m yang kelilingi tubuh candi.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Denny Sugiharto



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -7.5430, 112.3744
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam653
Wisata Buatan420
Wisata Budaya277
Taman Nasional14
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional