Situs Trowulan

Kawasan JAWA TIMUR

KABUPATEN MOJOKERTO, Jawa Timur

Situs Trowulan adalah situs arkeologi yang terletak di kecamatan Trowulan, kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Situs ini diyakini sebagai sisa-sisa dari apa yang dulunya ibukota Kerajaan Majapahit. Situs Trowulan adalah satu-satunya situs arkeologi yang berasal dari zaman klasik Hindu-Buddha yang ditemukan di Indonesia. Ratusan ribu sisa arkeologi dan artefak kota tua di Situs Trowulan ditemukan terkubur di bawah tanah serta di permukaan tanah. Salah satunya adalah candi Bajangratu.

Seluruh bangunan candi dibuat dari batu bata merah, kecuali anak tangga dan bagian dalam atapnya. Candi Bajangratu menghadap ke dua arah, yaitu timur-barat. Ketinggian candi sampai pada puncak atap adalah 16,1 m dan panjangnya 6,74 m. Gapura Bajangratu mempunyai sayap di sisi kanan dan kiri. Pada masing-masing sisi yang mengapit anak tangga terdapat hiasan singa dan binatang bertelinga panjang. 

Pada dinding kaki candi, mengapit tangga, terdapat relief Sri Tanjung, sedangkan di kiri dan kanan dinding bagian depan, mengapit pintu, terdapat relief Ramayana. Pintu candi dihiasi dengan relief kepala kala yang terletak tepat di atas ambangnya. Di kaki ambang pintu masih terlihat lubang bekas tempat menancapkan kusen. Mungkin dahulu pintu tersebut dilengkapi dengan daun pintu.

Atap candi berbentuk meru (gunung), mirip limas bersusun, dengan puncak persegi. Setiap lapisan dihiasi dengan ukiran dengan pola limas terbalik dan pola tanaman. Pada bagian tengah lapis ke-3 terdapat relief matahari, yang konon merupakan simbol kerajaan Majapahit. 

 


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Denny Sugiharto



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -7.5534, 112.3874
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam650
Wisata Buatan418
Wisata Budaya277
Taman Nasional14
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional