Museum Fosil Sangiran

Kawasan Joglosemar

KABUPATEN SRAGEN, Jawa Tengah

Salah satu obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Sragen ialah Museum Sangiran.Museum ini berdekatan dengan area situs fosil purbakala Sangiran ditetapkan sebagai cagar budaya pada tahun 1977 dan menjadi situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1996.

Di dalam museum ini terdapat sekitar 13.809 koleksi fosil manusia purba dan merupakan terlengkap di Asia.Ada juga fosil hewan bertulang belakang, fosil binatang air, batuan, fosil tumbuhan laut, alat-alat batu, dan beberapa jenis hewan seperti badak, sapi, rusa, banteng, dan kerbau.Selain itu, museum ini dilengkapi pula dengan ruang audio visual untuk menyaksikan fosil peninggalan kehidupan masa prasejarah di Sangiran.

Situs Sangiran memiliki luas mencapai 56 km² meliputi tiga kecamatan di Sragen (Gemolong, Kalijambe, dan Plupuh) serta Kecamatan Gondangrejo yang masuk wilayah Kabupaten Karanganyar. Situs Sangiran berada di dalam kawasan Kubah Sangiran yangmerupakan bagian dari depresi Solo, di kaki Gunung Lawu (17 km dari kota Solo).

 


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Asih Kurnia Widhiarti



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -7.3935, 110.8420
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam262
Wisata Buatan245
Wisata Budaya301
Taman Nasional9
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional