Candi Plaosan

Kawasan Joglosemar

KABUPATEN KLATEN, Jawa Tengah

Candi Plaosan terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, kira-kira 1,5 km ke arah timur dari Candi Sewu. Candi Plaosan merupakan salah satu Candi Buddha. Candi Plaosan diperkirakan dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Hindu, yaitu pada awal abad ke-9 M. SUmber lain menyebutkan bahwa candi Plaosan dibangun sebelum masa pemerintahan Rakai Pikatan. 

Candi ini merupakan sebuah kompleks bangunan kuno yang terbagi menjadi dua, yaitu kompleks Candi Plaosan Lor (lor dalam bahasa Jawa berarti utara) dan kompleks Candi Plaosan Kidul (kidul dalam bahasa Jawa berarti selatan).Orang-orang sekitarbiasa menyebut Candi Kembar. Disebut candi kembar karena Jika dilihat dari kejauhan, di dalam Kompleks Candi Ploasan terdapat dua candi yang hampir sama. Pahatan yang terdapat di Candi Plaosan sangat halus dan rinci, mirip dengan yang terdapat di Candi Borobudur, Candi Sewu, dan Candi Sari.

Secara keseluruhan Komplek Candi Plaosan dikelilingi oleh parit yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran 440 meter X 270 meter. Dengan lebar parit 10 meter dan kedalaman 2,5 meter. Diluar dari parit, terdapat pagar keliling yang berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran 460 meter X 290 meter, dimana penemuan ini menunjukkan bahwa kompleks Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul merupakan bagian dari sebuah kompleks percandian.

 

Sumber: TEMPO, shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -7.7428, 110.5046
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam441
Wisata Buatan328
Wisata Budaya395
Taman Nasional12
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional