Candi Gedong Songo

Kawasan Joglosemar

KABUPATEN SEMARANG, Jawa Tengah

Candi Gedong Songo adalah nama sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di lereng Gunung Ungaran, desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Di kompleks candi ini terdapat sembilan buah candi.Gedong Songo berasal dari bahasa Jawa, “Gedong” berarti rumah atau bangunan, “Songo” berarti sembilan.Jadi Arti kata Gedongsongo adalah sembilan (kelompok) bangunan.

Lokasi 9 candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah.Di sekitar lokasi juga terdapat hutan pinus yang tertata rapi serta mata air yang mengandung belerang.Kabut tipis turun dari atas gunung sering muncul mengakibatkan mata tidak dapat memandang Candi Gedongsongo dari kejauhan.

Tak ada sumber yang pasti kapan dibangunnya Candi Gedong SOngo, salah satu sumber menyebutkan Candi ini diketemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi). Namun, ada beberapa yang berpendapat bahwa candi ini dibangun di masa pemerintahan dinasti Sanjaya Hindu di Jawa yaitu sekitar abad ke-8.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Budi Purwanto



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -7.2081, 110.3417
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam262
Wisata Buatan246
Wisata Budaya300
Taman Nasional9
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional