Masjid Agung Demak

Kawasan Joglosemar

KABUPATEN DEMAK, Jawa Tengah

Salah satu yang menjadi ikon kota Demak adalah Masjid Agung Demak. Masjid ini terletak di Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.MAsjid ini merupkan salah satu Masjid tertua di Indonesia, didirikan Raden Fatah sekitar abad ke-15, atau tahun 1401.Masjid ini diriwayatkan sebagai tempat berkumpulnya Wali Songo saat menyebarkan ajaran Islam di Pulau Jawa.

Masjid Agung Demak terbuat dari kayu jati yang ditopang oleh empat buah tiang kayu raksasa atau saka guru.Keempat saka ini konon dibuat oleh para wali songo. Saka sebelah tenggara dibuat oleh Sunan Ampel, Sebelah barat daya dibuat Sunan Gunung Jati, barat daya oleh Sunang Bonang dan sebelah timur laut merupakan sumbangan Sunan Kalijaga.

Masjid Agung Demak ini berada satu lokasi dengan kompleks makam Kesultanan Demak. Jadi masjid ini sering ramai dikunjungi para penziarah yang akan melakukan ritual doa dan zikir untuk Sultan Demak. Waktu yang ramai dipadati oleh peziarah biasanya di bulan Muharam, Bulan Haji dan Bulan Suro. Tanggal 12 Rabbiul Awal, hari kelahiran nabi, 27 Rajab atau Isra Miraj.

 


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Budi Purwanto



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -6.8946, 110.6373
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam262
Wisata Buatan246
Wisata Budaya301
Taman Nasional8
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional