Grebeg Besar Demak

Kawasan Joglosemar

KABUPATEN DEMAK, Jawa Tengah

Ada sesuatu yang istimewa di Demak dalam menyambut Idul Adha atau setiap tanggal 10 Dzulhijah. Demak ramai dan meriah dengan acara budaya tradisional bernama Grebeg Besar.Acara budaya yang rutin diselenggarakan setahun sekali ini dimeriahkan dengan karnaval kirap budaya yang dimulai dari Pendopo Kabupaten Demak hingga ke Makam Sunan Kalijaga yang terletak di Desa Kadilangu, jaraknya sekitar 2 kilometer dari tempat mulai acara.

Grebeg Besar Demak merupakan sebuah acara budaya tradisional besar yang menjadi salah satu ciri khas Demak.Tradisi Grebeg besar ini diselenggarakan secara Kolosal dan dinanti oleh Warga Demak maupun sekitarnya, bahkan ada pula yang dari luar Jawa Tengah.

Sebelum karnaval, Grebeg Besar Demak diawali ziarah ke makam Sultan-Sultan Demak & Sunan Kalijaga malam sebelumnya.Selain itu juga malamnya ada Pasar Malam Rakyat di Tembiring Jogo Indah, dan acara selamatan Tumpeng Sanga. Esok harinya, setelah Solat Idul Adha bersama, barulah diadakan kirab Budaya yang kemudia diadakan ritual penjamasan Pusaka Peninggalan Sunan Kalijaga (Kutang Ontokusuma dan Keris Kyai Crubuk).

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Budi Purwanto



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -6.8927, 110.6350
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam446
Wisata Buatan350
Wisata Budaya403
Taman Nasional11
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional