Tari Pepe-Pepeka Ri Makka

Kawasan Makassar

KOTA MAKASSAR, Sulawesi Selatan

Tari Pepe-Pepeka Ri Makka adalah salah satu jenis kesenian tradisional dari kalangan etnis Makassar. Pepe’ mempunya arti api, dan Rimakka adalah tanah suci Mekkah. Terinspirasi dari kisah nabi Ibrahim yang dibakar, dimana tarian ini meruapakan sebuah tarian permainan api. Tubuh disulut api namun tidak terbakar, bahkan baju yang dikenakan pun tidak terbakar. 

Tari Pepeka Ri Makka ini, dilakonkan oleh beberapa laki-laki tua mapupun muda, diiringi irama musik dan nyanyian yang syairnya bernafaskan Islam. Pada saat Puncak tarian para pemain akan memegang Obor dan akan mengarahkan api ke tubuh temannya atau dirinya sendiri, bahkan tidak jarang mereka mengundang penonton lalu disulut menggunakan api. Tapi di tarian ini mereka sama sekali tidak kepanasan atau melepuh terbakar.

Tarian ini berdasarkan adat kebiasan dan sebagai ikon Budaya di kampung Paropo yang bersifat tradisional dan dimainkan pada saat menyambut pesta panen dalam acara Attontong Bulang (bulan purnama) dan Maudu’ Lompoa (peringatan Maulid Nabiyyullah Muhammad SAW).Tapi bisa jadi juga di upacara hajatan, sunatan dan perkawinan.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Fahmi Ali



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -5.1461, 119.4301
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam154
Wisata Buatan103
Wisata Budaya96
Taman Nasional8
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional