Tari Paraga

Kawasan Makassar

KOTA MAKASSAR, Sulawesi Selatan

Paraga adalah kesenian tari sekaligus permainan tradisional asal Bugis-Makassar, Sulawesi Selatan.Tarian ini diperagakan oleh enam orang laki-laki, lengkap dengan pakaian adat passapu (penutup kepala pria khas Bugis).Kesenian Paraga ini mirip dengan olahraga sepak takraw tetapi dalam paraga bukan untuk pertandinga, melainkan sebagai atraksi unjuk kebolehan.

Dalam seni paraga ini, bola rotan dipantul-pantulkan menggunakan kaki, kepala dan tangan sambil diiringi musik dari gendang dan gong, juga calong-calong.Keberadaan passapu, topi segitiga yang diberi lapisan kanji agar mampu menegak, sangat membantu para pemain paraga saat melakukan olah bola dengan kepala.Para pemain paraga juga menggunakan sarung yang menjadi bagian dari kostum mereka untuk mengolah bola paraga.

Paraga adalah sebuah pementasan yang memamerkan sebuah ketangkasan laki-laki dalam memainkan atau mengendalikan bola sesuai keinginan para pemain , salah satunya dapat memainkan bola dengan palak bangkeng (telapak kaki) dengan tenang. Tari Paraga ini memperlihatkan bagaimana caranya agar kita terus berusaha dan semangat dalam menghadapi sesuatu, terlebih ketika kita bertanding di lapangan.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Iqbal Lubis



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -5.1466, 119.4292
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam154
Wisata Buatan103
Wisata Budaya96
Taman Nasional8
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional