Makam Imogiri Yogyakarta

Kawasan DI YOGYAKARTA

KABUPATEN BANTUL, DI Yogyakarta

Makam Imogiri Yogyakarta merupakan makam raja-raja Mataram terletak di perbukitan Imogri, Bantul. Permakaman Imogiri, atau Pajimatan Girirejo Imogiri merupakan kompleks permakaman yang terletak di perbukitan dan berlokasi di Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta. Permakaman ini dianggap suci dan kramat karena yang dimakamkan disini merupakan raja-raja dan keluarga raja dari Kesultanan Mataram.

Sebelum memasuki makam raja, terdapat anak tangga berjumlah sekitar 409 dengan lebar sekitar 4 meter dan kemiringan 45 derajat yang menghubungkan permukiman dengan makam. Menurut mitos yang dipercayai oleh sebagian masyarakat, jika pengunjung berhasil menghitung jumlah anak tangga dengan benar, maka semua keinginannya akan terkabul.

Memasuki areal permakaman terdapat Gapura Supit Urang, Pendopo Supit Urang, Tempat Juru Kunci dan 4 Tempayan Suci. Areal makam raja dibagi menjadi tiga daerah, yaitu Astana Kasultan Agung, Wilayah makam raja-raja Surakarta, Wilayah makam raja-raja Ngayogyakarta. Di pemakaman Imogiri ini juga terdapat peninggalan-peninggalan Sultan Agung yang. Peninggalan-peninggalan tersebut yaitu Air Suci dari Empat Tempayan, Cincin Kayu yang terbuat dari tongkat Sultan Agung, dan Daun Tujuh Macam.

Ada tata cara berpakaian tertentu yang harus dilakukan ketika ingin memasuki kompleks makam di bagian dalam. Jika tidak menaati aturan tersebut, maka pengunjung hanya diperbolehkan sampai pintu gerbang pertama. Pengunjung wanita harus mengenakan kain panjang, kemben, dan melepas semua perhiasan. Sementara itu, pengunjung pria harus mengenakan kain panjang, baju peranakan, dan blangkon.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Rully Kesuma



Destinasi lain di Kawasan DI Yogyakarta


Koordinat: -7.9205, 110.3958
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam358
Wisata Buatan258
Wisata Budaya330
Taman Nasional9
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional