Festival Panji

Kawasan JAWA TIMUR

KABUPATEN PASURUAN, Jawa Timur

Sastra dan Budaya Panji (Inao) merupakan lokal genius nenek moyang bangsa Indonesia. Sastra Panji lahir pada akhir abad ke-14, pada era Majapahit. Tokoh utama cerita Panji adalah Raden Inu Kertapati, putera mahkota Kerajaan Jenggala, dan kekasihnya Dewi Sekartaji, puteri kerajaan Daha. Dari masa ke masa cerita Panji sangat populer dan digemari masyarakat sehingga cepat menyebar ke wilayah Nusantara. Bahkan melanglang buana ke Asia Tenggara, terutama Malaysia, Kamboja dan Thailand.

Panji tidak saja mencakup bidang sastra, tetapi juga berkembang dalam berbagai bentuk karya seni lainnya. Antara lain menjadi inspirasi dalam seni pertunjukan (musik, tari, teater), wayang beber, komik, seni media dan film, dan seni kria/kreatif seperti topeng, dan cerita Panji diabadikan di beberapa relief candi di Jawa Timur.

Berbagai potensi inilah yang akan ditampilkan dalam semangat Festival Panji. Tujuan program ini membangkitkan kembali sastra dan budaya Panji, melestarikan dan merayakan warisan bersama Panji (Inao) Asia Tenggara. Festival Panji Internasional tersebut digelar di area candi Tegowangi Kecamatan Plemahan.

PemilihanTegowangi, karena ini merupakan salah satu candi yang ada kisah di relief nya tentang panji. Di Jawa Timur ada 14 candi yang memiliki relief panji, yang paling besar ada di Tegowangi. Tujuan Di adakannya ruwatan merupakan salah satu harapan agar menciptakan desa yang aman selalu dan diberikan keselamatan, yang terpenting kesenian panji tidak hilang.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Aris Novia Hidayat



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -7.7874, 112.8634
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam627
Wisata Buatan430
Wisata Budaya287
Taman Nasional14
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional