Candi Tikus

Kawasan JAWA TIMUR

KABUPATEN MOJOKERTO, Jawa Timur

Mojokerto adalah sebuah kabupaten yang ada di provinsi Jawa Timur. Di sana, tepatnya di Dukuh Dinuk, desa Temon, kecamatan Trowulan ada sebuah candi yang disebut sebagai Candi Tikus. Candi Tikus yang semula telah terkubur dalam tanah ditemukan kembali pada tahun 1914. Penggalian situs dilakukan berdasarkan laporan Bupati Mojokerto, R.A.A. Kromojoyo Adinegoro.

Candi Tikus merupakan sebuah bangunan berbentuk kolam yang di dalamnya terdapat beberapa bangunan lagi. Bentuknya lebih menyerupai pemandian atau petirtaan. Dasar kolam berada di bawah permukaan tanah dikelilingi tembok yang disusun berteras-teras. Teras-teras tersebut disusun semakin ke dalam semakin turun. Tangga masuk terdapat pada sisi utara.

Pada bagian dasar kolam ada sebuah pondasi yang terlihat menempel pada dinding kolam sisi timur. Pada bagian atas pondasi tersebut terdapat dua buah teras lagi, dimana pada kedua teras tersebu berdiri bangunan candi-candi kecil yang dibuat dengan bentuk replikan Gunung Mahameru yang terdapat di India.

Tepat menghadap ke anak tangga, agak masuk ke sisi selatan, terdapat sebuah bangunan persegi empat. Di atas bangunan ini terdapat sebuah menara setinggi sekitar 2 m dengan atap berbentuk meru dengan puncak datar. Menara yang terletak di tengah bangunan ini dikelilingi oleh 8 menara sejenis yang berukuran lebih kecil. Di sekeliling dinding kaki bangunan berjajar 17 pancuran berbentuk bunga teratai dan makara.

 


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Subekti



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -7.5718, 112.4035
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam650
Wisata Buatan418
Wisata Budaya275
Taman Nasional14
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional