Situs Gunung Padang

Kawasan JAWA BARAT

KABUPATEN CIANJUR, Jawa Barat

Kawasan Cianjur, Jawa Barat nggak cuma dikenal dengan panorama alam yang bikin hati sejuk dan tentram. Di salah satu sudutnya, kamu bisa bertemu dengan situs Gunung Padang yang sangat terkenal. Situs Gunung Padang terletak di perbatasan dusun Gunungpadang dan Panggulan, desa Karyamukti, kecamatan Campaka, kabupaten Cianjur. Luas kompleks utamanya kurang lebih 900 m², terletak pada ketinggian 885 m dpl, dan areal situs ini sekitar 3 ha, menjadikannya sebagai kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara.

Lokasi situs berbukit-bukit curam dan sulit dijangkau. Kompleksnya memanjang, menutupi permukaan sebuah bukit yang dibatasi oleh jejeran batu andesit besar berbentuk persegi. Situs itu dikelilingi oleh lembah-lembah yang sangat dalam. Tempat ini sebelumnya memang telah dikeramatkan oleh warga setempat Penduduk menganggapnya sebagai tempat Prabu Siliwangi, raja Sunda, berusaha membangun istana dalam semalam.

Dilihat dari bentuknya, situs Gunung Padang terkesan sangat tua. Vegetasi alam yang hadir di seluruh permukaan kompleks dibungkus oleh batu-batuan vulkanik purba yang membentuk punden berundak. Fungsi situs Gunung Padang diperkirakan adalah tempat pemujaan bagi masyarakat yang bermukim di sana pada sekitar 2000 tahun SM.

 


Sumber: TEMPO, datatempo.co/Prima Mulia



Destinasi lain di Kawasan Jawa Barat


Koordinat: -6.9940, 107.0563
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam254
Wisata Buatan252
Wisata Budaya275
Taman Nasional9
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional